BAHAN PEMAHAMAN ALKITAB WILAYAH - NOVEMBER 2018


Tema         :  Persekutuan Penuh Kepedulian: Membawa Damai

Bahan       : Roma 12: 9-21

Ada beberapa makna damai dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

  1. Tidak ada perang; tidak ada kerusuhan; aman
  2. Tenteram; tenang
  3. Keadaan tidak bermusuhan; rukun

Jika mengikuti makna ini, maka hidup yang damai adalah hidup yang aman, tenteram, tenang dan rukun, tanpa kerusuhan, permusuhan apalagi perang. Kehidupan semacam ini merupakan kehidupan ideal yang menjadi dambaan setiap orang. Tetapi kenyataannya, dalam hidup selalu ada ketegangan, gesekan dan konflik.Apa artinya hidup yang damai menurut Saudara? (Pertanyaan diskusi 1)

Bahan bacaan Alkitab kita berada dalam rangkaian panjang nasihat Paulus dari pasal 12:1-15:13. Sepanjang bagian itu, Paulus menguraikan apa artinya berubah oleh pembaharuan budi dan dengan demikian tak menjadi serupa dengan dunia ini. Bagi Paulus, pembaharuan budi itu dimulai dengan mengenal karunia dari Tuhan dan menggunakan karunia itu untuk kehidupan bersama sebagai tubuh Kristus.

Pembaharuan budi yang dimaksud oleh Paulus bukanlah sebuah konsep yang mengawang. Pembaharuan budi juga tidak dapat dibatasi pada pembaharuan pengetahuan, pola pikir, atau kemampuan kognitif saja. Ini sejalan dengan pengertian budi dalam KBBI yaitu alat batin yang merupakan paduan akal dan perasaan untuk menimbang baik dan buruk. Artinya, pembaharuan budi menyangkut pembaharuan kemampuan berpikir tapi juga kemampuan merasakan.

Pada gilirannya, pembaharuan budi itutidak berhenti pada pertimbangan untuk membedakan manakah kehendak Allah, mana yang baik dan buruk. Paulus meyakini bahwa pembaharuan budi itu harus mewujud di kehidupan keseharian dan dalam tindakan kasih yang konkret. Oleh karena itu, Paulus menguraikan berbagai nasihatuntuk hidup dalam kasih dalam pasal 12:9-21.Mari kita perhatikan tindakan-tindakan kasih yang Paulus sebutkan dalam suratnya. Hal mana dari nasihat Paulus tersebut, yang belum bisa Saudara wujudkan? Dalam pengalaman Saudara, apa yang menjadi hambatannya? (Pertanyaan diskusi 2)

Nasihat-nasihat Paulus dapat kita kategorikan menjadi dua, yaitu “Lakukan” dan “Jangan Lakukan”.

LAKUKAN

JANGAN LAKUKAN

Jauhi yang jahat

Kasih pura-pura

Lakukan yang baik

Kerajinan kendor

Kasih persaudaraan

Mengutuk penganiaya

Saling menghormati

Pikirkan perkara tinggi

Roh menyala-nyala

Anggap diri pandai

Layanilah Tuhan

Balas dengan kejahatan

Sukacita dalam pengharapan

Menuntut balas

Sabar dalam kesesakan

Kalah pada kejahatan

Tekun dalam doa

 

Bantu orang kekurangan

 

Beri tumpangan

 

Berkati penganiaya

 

Berbela rasa

 

Sehati sepikir

 

Pikirkan perkara sederhana

 

Hidup berdamai

 

Kalahkan dengan kebaikan

 

 

 

Setelah kita mengelompokkan nasihat Paulus, kita dapat melihat bahwa ada lebih banyak hal dalam kolom “Lakukan” dibandingkan dengan kolom “Jangan Lakukan”. Apa artinya bagi Saudara? (Pertanyaan diskusi 3)

Kita telah membahasberbagai nasihat Paulus kepada jemaat di Roma. Kalau begitu, apa artinya menjadi “Persekutuan Penuh Kepedulian: Membawa Damai” bagi Saudara? (Pertanyaan diskusi 4)

 

Lagu- Lagu

  1. PKJ 267 DAMAI DI DUNIA
  2. PKJ 203:1,6 ADA DAMAI SEJAHTERA ALLAH
  3. BERSUKACITALAH SELALU
  4. PKJ 200 KU DIUBAHNYA